Ketika Rental Sepeda Jadi Ancaman Sosial di China

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

PT BESTPROFIT FUTURES – BEIJING,  – Selama dua tahun terakhir, China mengalami pertumbuhan pesat jutaan sepeda yang disewakan dengan sistem bike-sharing.

1996011720

Fenomena itu digambarkan sebagai sebuah revolusi hijau. Tapi, kini sepeda-sepeda tersebut justru menjadi ancaman sosial.

Dilansir dari Sky News, Senin, penyewaan sepeda tidak menggunakan skema konvensional, di mana sepeda harus dikembalikan ke lokasi tertentu.

Dengan sistem pemosisi global (GPS) yang aktif dan sebuah aplikasi ponsel, penyewa dapat memarkirkan sepeda di titik mana pun.

Akibatnya, pejalan kaki kesulitan berjalan di jalanan ibu kota karena sepeda ditinggalkan begitu saja di pinggir jalan dan jalur sepeda. Ada pula sepeda yang masuk ke sungai sedingin es. – BESTPROFIT

Bike-sharing sudah dapat diakses di lebih dari 160 kota di dunia, termasuk Inggris. Di China, persaingan pangsa pasarnya sangat ketat ditambah dengan regulasi yang longgar.

Perusahaan rental sepeda di China memang memiliki tim untuk menangani sepeda-sepeda itu dengan sistem intensif dan pinalti.

Namun, selama tim berupaya menyingkirkan sepeda tersebut, ternyata sepeda yang terparkir sembarangan justru makin bertambah.

Menurut pengakuan petugas rental sepeda, masyarakat tetap tidak melakukan imbauan yang diberikan oleh perusahaan. – BESTPROFIT

Di kota pesisir tenggara Xiamen, pemerintah telah mengumpulkan puluhan ribu sepeda yang terparkir secara ilegal. Tumpukan sepeda itu begitu besar hingga perlu alat berat untuk menjangkau bagian puncaknya.

Badan Pengaturan Kota menyebutkan sejauh ini tidak ada perusahaan yang datang untuk mengambil kembali sepedanya. Badan itu memperkirakan ada sekitar satu sepeda untuk setiap 10 orang di kota tersebut.

Wang Jiangyan, direktur eksekutif pusat transportasi keberlanjutan China, berpendapat diperlukan sistem yang dapat melakukan analisis lebih akurat, sistem operasi yang lebih baik, dan sistem perpindahan pengguna yang tepat. – PT BESTPROFIT

” Sepeda harus dipelihara dengan lebih baik. Jika rusak, perusahaan perlu memperbaikinya,” katanya.

“Pemerintah perlu membuat aturan yang lebih ketat untuk membantu perusahaan lebih baik,” tambahnya.

Sepeda zombie

Sebelumnya, laman Asia Times menyebut jutaan sepeda yang terbengkalai itu sebagai “sepeda zombie”.

Data dari pusat riset perdagangan elektronik China, ada lebih dari 60 perusahaan yang gulung tikar dalam dua tahun terakhir. Dalam beberapa kasus, uang deposit dari pengguna tidak dapat kembali.

Sepeda dari perusahaan yang bangkrut dibiarkan di jalanan dan tempat pembuangan sampah. – PT BESTPROFIT

Data dari Asosiasi Sepeda China, sekitar dua juta sepeda siap dijalankan oleh 20 perusahaan pada 2016. Sementara, sepanjang 2017, ada 20 juta unit sepeda yang telah diluncurkan.

Namun, selama enam bulan pertama pada tahun lalu, enam perusahaan rental sepeda seperti Wukongbike dan 3V bike mengalami kebangkrutan. Perusahaan gagal memperoleh pendapatan untuk membayar utang.

Media lokal China memperkirakan sekitar dua juta sepeda “bike-sharing” telah menjadi sepeda zombie, sementara lebih banyak perusahaan serupa yang menghadapi masalah likuiditas dengan kelebihan suplai sepeda.

Sepeda rusak dan tidak digunakan berada di jalanan dan bahu jalan sehingga menyebabkan masalah limbah bagi China.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s