Sebelum Air Force One, Presiden AS Bepergian & Bekerja di Kapal Pesiar

USS Sequoia, kapal kepresidenan yang paling lama digunakan. (Foto: History.com)

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

SEBELUM menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One, para presiden Amerika Serikat (AS) menggunakan apa yang disebut dengan kapal pesiar kepresidenan. Sejak abad ke-19, orang-orang nomor satu di Negeri Paman Sam menggunakan kapal angkatan laut dan kapal-kapal lain untuk berbagai keperluan, mulai dari rekreasi sampai menjamu tamu-tamu asing.

Antara 1880 sampai 1977, hampir selusin kapal berbeda berperan sebagai “Gedung Putih Mengapung” yang digunakan oleh para presiden. Pada saat itu, kapal-kapal tersebut menjadi pemandangan yang biasa terlihat dalam pertemuan tingkat tinggi internasional, pembicaraan kongres dan terkadang, pelesir di Sungai Potomac.

“Kapal pesiar kepresidenan memiliki fungsi penting dengan memungkinkan Presiden untuk melepaskan diri dari tensi yang menyesakkan di Gedung Putih. Kapal itu menyediakan tempat perlindungan yang tenang; lebih praktis daripada Camp David, lebih mudah digunakan untuk diskusi santai dan informal, ” kata mantan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger sebagaimana dilansir dari History.

Presiden Ke-16 AS, Abraham Lincoln menggunakan kapal uap yang dinamakan “River Queen” pada masa Perang Sipil, tetapi kapal kepresidenan pertama AS berasal dari masa Gilded Age (1870-1900). Sejak 1880, panglima tertinggi AS berlayar ke luar negeri dengan beberapa kapal angkatan laut, termasuk USS Despatch, USS Dolphin dan USS Sylph.

Kapal Kepresidenan memasuki era baru pada awal 1900-an saat USS Mayflower dijadikan kapal resmi kepresidenan. Tidak seperti kapal-kapal sebelumnya yang minim desain, USS Mayflower adalah sebuah kapal pesiar mewah yang sebelumnya dimiliki oleh jutawan Ogden Goelet. Kapal itu memiliki panjang 83 meter dengan lebih dari 150 kru dan interior megah termasuk meja makan untuk 30 orang dan bak mandi yang terbuat dari marmer Italia.

USS Mayflower seringkali dihubungkan dengan Theodore Roosevelt, yang sering menggunakannya dan USS Sylph untuk berlibur bersama keluarganya di sepanjang Long Island. Penggunaan kapal kepresidenan yang lebih resmi diperkenalkan pada Agustus 1905, ketika Roosevelt menjamu utusan Jepang dan Rusia di atas kapal Mayflower sebagai bagian dari upayanya untuk menengahi perundingan damai dalam Perang Rusia-Jepang. Roosevelt diganjar dengan Hadiah Nobel Perdamaian untuk perannya dalam mengakhiri konflik.

Selama dua dekade, USS Mayflower berperan sebagai kapal kepresidenan sampai akhirnya ditarik dari penugasan oleh Presiden Herbert Hoover pada 1929 karena dinilai terlalu mewah untuk kondisi ekonomi AS saat itu. Menggantikan USS Mayflower, Hoover yang merupakan seorang nelayan, menggunakan USS Sequoia untuk perjalanan sehari-harinya dan merasa memiliki keterikatan dengan kapal itu.

USS Seqouia sempat digunakan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt pada awal masa baktinya. Namun, dia kemudian beralih menggunakan USS Potomac yang dilengkapi dengan elevator khusus yang memudahkan Roosevelt yang duduk di kursi roda berpindah antardek dengan lebih mudah. Penerus Roosevelt, Presiden Harry S. Truman menggunakan Sequoia dan USS Williamburg untuk sarana rekreasi dengan menggelar pertandingan poker terapung di kedua kapal itu.

Perjalanan laut kurang diminati oleh Presiden Dwight D. Eisenhower, tetapi kembali populer di masa pemerintahan John F. Kennedy yang kembali menggunakan jasa Sequoia dan kapal pesiar bernama Honey Fitz selama masa baktinya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Lyndon B. Johnson yang menambahkan bar dan proyektor film di kapal tersebut.

Sebagai kapal kepresidenan yang paling lama digunakan, Sequoia menjadi tuan rumah untuk beberapa pertemuan penting, seperti pembicaraan mengenai senjata nuklir yang dilakukan Harry Truman dengan Perdana Menteri Inggris dan Kanada serta pertemuan terkait strategi perang Vietnam yang digelar Presiden Lyndon Johnson.

Masa-masa penggunaan kapal kepresidenan berakhir pada 1977 saat Presiden Jimmy Carter memerintahkan menjual Sequoia ke publik. Dilaporkan, Carter merasa keberatan dengan biaya perawatan Sequoia yang mencapai USD250 ribu per tahun sementara dia merealisasikan janji kampanyenya untuk menghapus pengeluaran yang tidak diperlukan selama masa baktinya.

“Meskipun memiliki karier yang luar biasa, saya merasa bahwa Kapal Pesiar Kepresidenan Sequoia tidak lagi dibutuhkan,” tulis Carter dalam memonya kepada Menteri Pertahanan AS.

Saat ini, hanya dua kapal kepresidenan, yaitu Sequoia dan Potomac yang masih ada. Potomac telah berpindah tangan beberapa kali dan sekarang ditambatkan di Oakland, California. Sequoia, meski saat ini tidak aktif dan dalam keadaan rusak, pernah digunakan sebagai museum terapung dan kapal sewaan pribadi dan masih menyimpan sebagian besar memorabilia kepresidenannya. Kedua kapal tersebut sekarang terdaftar sebagai Landmark Sejarah Nasional AS.

Bestprofit     PT Bestprofit     Best Profit     PT Best Profit

Leave a comment