Media Sosial Masih Jadi Pengubah Perilaku Belanja

.

PT BESTPROFIT FUTURES MEDAN

BESTPROFIT – Media sosial masih dominan menjadi pengubah perilaku belanja masyarakat Indonesia. Business Development Director Snapcart Asia Pasifik Felix Sugianto mengatakan, pengaruh itu terutama terjadi pada perilaku konsumen yang menjadikan belanja secara daring (online) sebagai pilihan utama.
Catatan terkumpul dari laman nextren.grid.id menunjukkan, pada setahun silam terjadi peningkatan belanja daring. Nilainya menjadi 5 miliar dollar AS. Pada 2018, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan bahwa sektor belanja daring menjadi primadona investasi. BEST PROFIT

Salah satu puncak dari belanja online, lanjut Sugianto, adalah pada masa Ramadan 2018 yang jatuh pada pertengahan Mei hingga pertengahan Juni. PT BESTPROFIT
Riset konsumen yang dirilis lembaga riset Snapcart pada pekan ketiga Juli terhadap sedikitnya seribu responden menunjukkan bahwa selama Ramadan 2018, program belanja di berbagai situs belanja diketahui konsumen melalui media sosial. PT BEST PROFIT
“Sebanyak 52 persen responden mengetahui program belanja dari media sosial,” ujar Sugianto sembari menyebut Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube dalam keterangan tertulisnya. BESTPROFIT FUTURES
Lantas, berturut-turut, konsumen mengetahui program tersebut melalui iklan televisi (44 persen), kabar dari mulut ke mulut (word of mouth 18 persen), dan berita media massa (9 persen). BEST PROFIT FUTURES
Produk
Riset kata Sugianto lagi juga menunjukkan pakaian dan aksesori fashion masih menjadi produk yang paling banyak dibeli. Jumlahnya mencapai 40 persen dari total responden.
Menyusul di belakangnya adalah produk digital (28 persen), produk kosmetik dan personal (21 persen), kebutuhan rumah tangga (17 persen), sepatu (16 persen), dan produk tas (15 persen). PT BESTPROFIT FUTURES
Riset di atas juga menunjukkan bahwa ciri khas orang Indonesia saat Ramadan dan Idul Fitri yakni memakai baju baru terbukti. Selanjutnya, riset juga memunculkan kenyataan bahwa konsumen pria paling sering membeli pakaian. PT BEST PROFIT FUTURES
Sesudah itu, pria juga menaruh minat membeli gawai dan asesorisnya. Angkanya menyentuh 16 persen. Perempuan, menurut riset ini, juga mengutamakan berbelanja pakaian dan pelengkapnya.
Namun, pada pilihan kedua, perempuan memilih berbelanja kebutuhan pribadi dan kosmetika. Snapcart dalam riset ini menggunakan metoda tanya jawab secara daring. BESTPRO
Responden juga mengunggah struk belanja melalui aplikasi Snapcart. “Makanya, kami bisa menganalisa barang apa saja yang mereka belanja, berapa jumlahnya, kapan waktu berbelanja, dan lokasi belanja,” ujar dia. PT BESTPRO

Leave a comment