BI Gandeng MUI Kembangkan Keuangan Syariah RI

PT. BESTPROFIT FUTURES MEDAN – Bank Indonesia (BI) menjalin kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghadirkan iklim yang kondusif bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah (eksyar) di Indonesia. Hal ini ditandai dengan Nota Kesepahaman (NK) kedua lembaga tersebut.

Direktur Departemen Komunikasi BI mengatakan NK ini memuat berbagai aspek, seperti pengembangan instrumen keuangan komersial dan sosial syariah, pengembangan pasar keuangan syariah, pengembangan instrumen moneter syariah, pengembangan UMKM syariah, penguatan ekonomi keumatan, dan penguatan jaminan produk halal, serta digitalisasi pengelolaan keuangan syariah.

“Selain itu, kerja sama juga mencakup dukungan penetapan fatwa dan konsultasi memuat prinsip-prinsip instrumen syariah atas serta usulan kebijakan BI yang terkait keuangan syariah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5/2024).

Dia menjelaskan NK BI dan MUI yang berlangsung 2024-2028 ini merupakan bagian dari penajaman peran Bank Indonesia sesuai dengan amanat yang tertuang dalam UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK). Ke depan, pihaknya berkomitmen untuk terus mempererat kerja sama strategi antar institusi terkait untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui pencapaian Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

Melalui kerja sama ini, dia berharap dapat meningkatkan kontribusi aktif kantor-kantor perwakilan BI di dalam dan luar negeri dalam mengakselerasi pengembangan ekstar di Indonesia.

Leave a comment